Rabu, 11 April 2012

Konsultasi: Galau Kuliah di FK

Hari ini dapat kiriman e-mail dari seseorang sebut saja namanya Heri (nama sebenarnya sih Ucok) seorang siswa SMA yang sedang galau apakah dia akan masuk ke FK atau tidak. Untuk lebih jelasnya ini dia isi e-mail tersebut:

"hai admin @mahasiswafk,

saya pngin sharing tentang kegalaun saya.

sya adalah anak ke-3 dari 3 bersaudara.. kakak sya yg pertama sudah
menikah dan kakak sya yg ke-2 masih kuliah, dan skrg sya duduk kelas 3
sma
diantara saudara sya mungkin sya yang paling sering di manja,soalnya
saya paling kecil.
orang tua sya ingin sekali sya masuk kedokteran. awalnya sya menolak
karena sya tidak tertarik,saya lebih senang pelajaran berbau TI
tetapi akhir2 ini sya mlah ada niat ke dokter yg dulunya tidak ingin
sma sekali,tujuannya satu..ingin BAHAGIA in ortu.

singkat cerita..

guru BK saya bisa masukkin siswanya ke FK di salah Perguruan tinggi
yang lumayan, tpi harus mbayar mahal bgt (ratusan juta)
trus ortu udah konsultasi sama Guru BK tadi..trus ortu sya setuju aja
(ortu sya lumyan mapan lah). ane kaget waktu diberitahu nominalnya
gan..ane kira cuma berapa, ternyata lebih >200 jt.

sya tkut gagal gan..itu sebenernya maslahnya..ortu udah byar

mahal2.ane malah ngecewain..
klu misalkan biayanya gak diatas 200 jt ane masih optimis..ane udah
curhat kemana-mana tpi blum ada jawaban yang pas.

apakah kuliah dokter sangat sulit min..?


terima kasih."


Mungkin sudah sering kita mendengar masalah ini atau bahkan kita sendiri menjadi salah satu orang yang masuk FK karena keterpaksaan oleh orang tua. Klo ditanya apakah kuliah di FK itu sulit apa engga jawabannya adalah tergantung dari diri kita sendiri. Segala sesuatu akan terasa mudah jika dilakukan dengan sepenuh hati. Takutnya bila kita masuk FK karena paksaan ortu, maka kita sendiri yang menjadi stress selama kuliah di FK.

Untuk biaya yang lumayan besar itu kan tergantung universitas mana yang akan kita masuki, klo dirasa sangat besar coba aja masuk ke FK lain yang biayanya ga terlalu mahal. Kualitas suatu universitas bukan dinilai dari mahalnya uang masuk, tapi mahasiswanya-lah yang menentukan. Universitas itu ibarat sebuah cetakan, sedangkan mahasiswa adalah isi dari cetakan tersebut. Yang menentukan apakah hasil cetakan tersebut akan baik atau tidak adalah komposisi dari isinya, bila kita mengisinya dengan usaha, doa, dan sabar maka hasil cetakan tersebut akan bagus.

Usahakan juga untuk masuk FK dengan cara yang sah, jangan melalui jalan belakang. Percaya aja Tuhan pasti sudah menentukan jalan terbaik bagi umat-Nya. Jika kamu ikut tes masuk FK diberbagai tempat dan ditolak, artinya memang bukan jalan kamu untuk kuliah di FK. Menjadi sukses itu tidak harus dengan menjadi dokter teman, masih banyak pekerjaan mulia lain yang dapat ditempuh.

Sebaiknya dipertimbangkan lagi untuk siswa SMA yang mau masuk FK, apakah memang minat dari diri sendiri atau hanya keterpaksaan. Yang terbaik adalah jika kita masuk FK karena minat diri sendiri dan disuppport penuh oleh kedua orang tua. Ketika kita kuliah di FK dan terjatuh, maka akan ada sayap yang membantu kita berdiri, dan sayap itu adalah kedua orang tua kita.

Nah misalnya kamu ternyata memang sama sekali ga berminat masuk FK ya bicarakan dengan orang tua kamu kenapa. Jangan sampai kamu mengecewakan orang tua kamu, karena mereka sudah mengorbankan banyak hal untuk mensekolahkan anaknya.

Tapi jangan pula menjadi takut untuk berkuliah di FK. Memang akan banyak sekali rintangan yang akan kita hadapi, tapi percayalah semua rintangan yang kita tempuh akan membantu kita menjadi pribadi yang lebih tangguh. Untuk sisi positif dari kuliah di FK yang lain mungkin akan di posting lain waktu (klo mood ngetik ya :p).

73 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. #JLEB! meskipun awalnya mungkin hanya keinginan ortu, dicoba sajalah mungkin pada akhirnya akan jatuh hati sama FK (curhat)

    @jeanyanty

    BalasHapus
  3. Saya juga kelas 3 min, kebetulan ceritanya sama dgn teman kita yg td. Cuma saya minat ke fk baru ada sejak kelas 3 gara2 saya bingung mau kuliah apa waktu itu. Karna kakak saya juga seorang mahasiswa FK makanya kaka saya ngasih saran dan masukan dan sedikit gambaran gimana perkuliahan di fk. Kaka saya juga ngetes saya dgn nunjukin video operasi/kecelakaan yg DP banget gambarnya, dan saya tahan2 aja. Kaka saya pun merekomendasikan saya ke FK. Tp sampe saat ini saya blm 100 persen yakin ke FK. Skrg sih udh dftar buat Usm ke FK di slah satu PTS d bandung.


    Maaf nulisnya disini. OL via wap soalnya min. :) mohon tnggpan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja daftar dulu, yg penting kan ada niat dari diri sendiri. terlebih ada saudara yg jg @mahasiswaFK, bisa minta diajarin pelajaran yg kurang paham :)

      Hapus
  4. min , aku malah sebaliknya dari kisah di atas..
    awalnya mama setuju kuliah di FK ,tapi papa kurang setuju, karena dilihat dari segi biaya yang lumayan waw,kuliah yang lamaaa dan juga pelajaran yang sulit.. masalahnya papa liat dari teman anak-anaknya yang putus di tengah jalan saat masa kuliah di FK.. terus aku bujuk agar bisa setuju di FK,,akhirnya papa aku setuju. aku tes di pts,3 kali aku gagal min,gagal masuk FK. kemudian papa aku bilang,aku tuh gk bisa,apalagi ntar pelajaran di kuliah.. tapi aku gk putus asa, aku sendirian ke jakarta,nekat tuk daftar di pts.. dan akhirnya aku dapat di pts ,tapi pts kristen min. terus dari pihak keluarga papa gk setuju,akhirnya aku minta pendapat ke dosen di pts lain,dan juga mahasiswa yg kuliah di fk kristen itu,tidak luput pula,ke orangtuanya,,dan alhamdulillah setelah itu papa setuju,tapi aku harus pegang teguh akidah islam aku.. min, aku mau tanya kuliah dimana aja sama kan?asalkan kitanya usaha belajar nantinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, intinya hampir sama aja ko.
      tergantung bagaimana kitanya lagi, apakah hanya bermalas-malasan atau belajar dengan rajin.
      meskipun kita kuliah di univ top sekalipun, bila kita masih malas ya ga bakal pintar.
      jangan pernah kecewakan orang tua mu ya, bahagiakan mereka dengan mendapat IP yang bagus:)

      Hapus
    2. Ksih tw donk,persyaratan apa saja yg di perlukan untuuk msuk FK,,selain dari diri sendiri min...

      Hapus
  5. saya mahasiswa smt.2 FK di salah satu PTN di jawa, awalnya saya memang masuk FK karena keinginan ortu. Walaupun kaget dengan padatnya aktivitas dari tutorial, SL, FL, kuliah, asistensian subuh", dll. . pada akhirnya semua bisa dilakukan dengan senang hati kok!! Perlu dukungan dari teman" seperjuangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah gunanya teman seangkatan, untuk mendukung kita :)

      Hapus
  6. hei adek-adek yang ingin masuk fakultas kedokteran dengan biaya yg cukup terjangkau dibanding yg lain hehehehe..
    masuk aja ke fakultas kedokteran Universitas Padjadjaran(Unpad) bandung.
    saya mahasiswa fk unpad tahun 2011 kmrn, masuk lewat jalur SNMPTN tulis, dengan biaya 4 juta ditambah uang SPP semester 1, 2 juta.. jadi ditotal 6 juta saja untuk masuk FK Unpad. saya lewat jalur SNMPTN biasa, bukan bidik misi dan juga saya tidak meminta pengurangan.

    ayo adek-adek semangat belajarnya...masuk FK Unpad aja yuuk paket ekonomis :D
    Maaf yaa saya jd promosi fakultas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa gak papa asal jgn keseringan aja :p

      Hapus
    2. aaaaaaah ingin sekali masuk FK unpad :-D

      Hapus
    3. tp gmn nih aq bingung bgt ..aq sih pengen.., ortu jg ndukung..
      tp....
      aq msh takut untk msuk ke FK...
      coz q krg tw tntg gmbarn kuliah FK....
      tlooongin donk ksih solusi..
      nd tolong ksih gmbaran tntg FK..

      Hapus
    4. kalau jalur undangan berapa biayanya? mohon dijawab. trims

      Hapus
  7. hehehe kalo mau yg lebih murah fk usu aja satu semester 1 juta utk yg lwt smptn :) Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. biaya masuk fk nya berapa lewat snmptn?

      Hapus
    2. walahhh
      jadi promosi kampus malahan
      hahaha

      Hapus
    3. kalo persemester enak 1 juta. awal masuknya gimana kakak2??
      ntar kalo nggak bayar kita di DO ya?

      Hapus
  8. hahaha jangan di kampus gw daah masuknya >200 jt, semesterannya >8jt an, coasnya > 50 jt an, tiap kali inhal praktikum bayarnya 10rb, dan susah2 pula pretes nya -__-. kalo remediasi bayarnya 100rb tiap 1 ujian blok -__-
    makanya rajin belajar biar cpt lulus dan ga buang2 duit :)

    BalasHapus
  9. Tanya dong...aku udh diterima jalur undangan di salah satu ptn di jateng... Ada tes penjajakkanx. Itu tesnya apa kyak snmptn? Makasih mhon djawab kak

    BalasHapus
  10. 'tetapi akhir2 ini sya mlah ada niat ke dokter yg dulunya tidak ingin
    sma sekali,tujuannya satu..ingin BAHAGIA in ortu.' kalimatnya tuh...... iya banget u,u

    BalasHapus
  11. senasib ama cerita diatas

    BalasHapus
  12. setuju, masuk FK sebaik_ dengan cara yang BENAR.. saya punya pengalaman ditawarin yang jalur2 bayar2 gituu, tapi orang tua ga setuju sama yang begituan, dan akhir_ sy ikt SNMPTN dgn modal belajar mati2an dan do'a sungguh2 :D, alhamdulilah lulus FK d PTN negri dengan biaya yang tdk terlalu mahal, tapi Lumayan, hho 3,6 jt per semester u yg reguler.. dan ternyata penawaran tersebut penipuan, jadilah temen sy yg ud byar nominal sekian, pas ikt SNMPTN cuma ngandalin itu, ga ada hasil apa2..
    kuliah d FK cukup menguras pikiran,waktu & uang, so sebelum masuk FK luruskan niat, kalo niat uda lurus, insyaallah kedepan_ akan ada jalan..

    BalasHapus
  13. aku mau tanya. aku mau tanyaaa...
    aku udah bolak-balik nyoba test buat masuk FK tapi ga keterima.
    kalo aku coba lagi tahun depan kesempatannya berapa persen ya? trus apa bakalan lebih sulit dari yang sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. admin @Mahasiswafk.. bales pertanyaannya mbak Mikha yang ini dong.. plisplispliss.. kasih sarannya dong.. makasi :D

      Hapus
    2. coba lagi aja.. ngk apa2! bila perlu privat.. belajar lagi2. memang rencana mau masuk fk mana? tes tiap univesitas kan beda2. jadi strateginya juga harus berbeda. kalau mau info tentang fk hubungi saya aja.. saya akan membrikan info yg saya tau.. semangat!!!! pin bb 21C27969

      Hapus
  14. Balasan
    1. Well. adminnya juga manusia kan, ga bisa mantau pertanyaan terus menerus.... Bantu ngewakilin deh.
      yang namanya persentase kemungkinan ga bisa di hitung,
      kalo emang udah jalannya kedokteran, kamu akan di terima di kedokteran,
      Tuhan berkata lain, yah itulah nasib. Ada rencana yang lain yang Tuhan berikan untukmu, ga harus di kedokteran untuk sukses (tergantung apa itu sukses sendiri juga sih), ga harus di kedokteran untuk kaya (malah ada banyak jalan lain untuk kaya).

      Dan sesusah susahnya masuk FK lebih susah bertahan hidup dan keluar dari sana. So pastikan masuk FK bener bener compassion, atau keinginan MIkha dari lubuk terdalam,karena tanpa itu, susah untuk bertahan, apalagi berprestasi (saya udah terlalu banyak liat kasus seperti itu :'( )

      kalo niat dah bulat, hati siap, udah rajin berdoa dan persiapan sama Tuhan,

      persiapkan aja untuk ujian tahun depan.
      Lebih sulit? Relatif, yang pasti saingan MIkha bertambah dari angkatan bawah, trus soal dan jalan masuk serta biayanya juga akan terus meningkat.
      Tapi kalo dah jalannya, gak ada yang mustahil.

      Tetap semangat ya :D

      Hapus
  15. aq pengen masuk fk usu tp lwt jalur snmptn undangan,,kira2 brp ya biaya kuliyahnya? per semester dan uang pembangunannya?? yang tahu jwb ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mahasiswa fk usu biaya kuliahnya 1juta per semester, plus di awal harus bayar sekitar 5 juta utk dana kelengkapan akademik, dll.

      Hapus
    2. 1 jta/smster itu spp ? kalo biaya praktikum? biaya hdup sama dana lain"nya gmna ? kalo asrama brpa 1 blan ? sya berniat masuk sana thun dpan,saya dri bandung,

      Hapus
    3. fk usu matok nilai rata" gak, klau jalur undang????

      Hapus
  16. min saya mau nanya nih, saya udah kelas 3 dan disuruh ortu masuk fk, awalnya saya gak mau dengan alasan takut ngeliat darah, luka, mayat dll. tp kata ortu saya nanti hal2 kayak gitu nanti juga akan terbiasa setelah masuk. akhirnya skrg saya mulai berminat masuk fk.
    Tapiii tetep aja saya masih takut ngeliat darah, luka, dll. ngeliat video kecelakaan aja kepala saya pusing, dan gak pernah lg berani nonton kayak gituan.
    Kalo menurut ente min mending saya masuk fk atau gak? butuh saran bgt

    BalasHapus
  17. dan akhirx sya sdah mmbuat orngtua sya kecewa..Fk bukanlah keinginan sya.. tpi mndngar kata2 ingin mmbhagiakan ke dua orngtua..mmbuat sya brsmangat..appun akan sya lkukan..ttpi semangat yg sya rskan hnya smntra..mmbuat beban yg sngt amat berat bgi sya krna hnya mndpt IP hnya 2,40 di smester I..akhirnya sya sring malas msuk kuliah bhkan tidak mngikuti ujian dll di FK pda rentan smester II ,,dan skrng keduaorngtua sya sdah mngethui smuanya klo sya jrang msuk kul,,aq sdah mmbuat mreka sngat amat kecewa bhkan smpai mnangis pda saat mdngar dri telpon mrka,,untk brttap muka dngan mreka sja aq mrsa tidk snggup lgi..jumlah dana,biaya hidup,dll kira2 320jt sdah mrka kluarkan,,saat ini aq bngung apa yg hrus qu lkukan,, mlnjutkan smster II di thun dpan ? ato hrus kluar bgitu saja..krna aq tkut tidk snggup mngikuti study2 di FK dan mngulangi kslahanqu lgi sprti pda saat ini.. singkt cerita yg qu alami.. cukup aku yg mnglami ini.. jgn smpai ada yg sprti ini lgi.. Gbu T_T

    BalasHapus
  18. Mau tanya dong kalo untuk seluruh biaya perkuliahan yg harus dibayarkan per semester di fk unpad sama fk unjani brp ya utk thn 2013?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biayanya relatif .. tapi biasanya ga jauh beda sama tahun sebelumnya ..

      Hapus
  19. mau tanya dong, untuk tahun 2013 sbmptn itu dibuka oleh semua ptn atau gak si? terus kuota siswa yg diterima jalur undangan sm sbmptn untuk fk unpad 2013 itu berapa ya? makasih

    BalasHapus
  20. fk UNPAD sehari-hari dosen ngajarnya full english?

    BalasHapus
  21. Apakah untuk masuk fk usu jalur undangan 2013 hrs mengikuti tes lagi ya? Itu tesnya bagaimana? Apakah hanya siswa se-sumut saja yg boleh mengikutinya?

    BalasHapus
  22. mau tanya.... belajar di FK banyaknya pelajaran biologi plus praktek atau belajar kyk di sma biasa? kayak belajar fisika kimia math bio?

    BalasHapus
  23. permisi..
    ada yg tau biaya kuliah difakultas kedokteran USU berapa ya..
    lewat jalur undangan dan mandiri..
    dari dlu saya berniat untuk menjadi dokter,tapi karna biaya yg terlalu tinggi..saya sedikit takut.apalagi dengan keadaan keluarga saya yang pas-pas an..
    tolong di comment ya..

    BalasHapus
  24. mau tanya juga, kakak2 yg di FK unsri, biayanya sampai puluhan juta pas masuk? katanya kan daftar ulang fkg aja 34jutaan, berarti FK juga nggak beda jauh. apa benar semahal itu? (kalo jalur snmptn)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bedah jauh. kalau fkg itu bayarnya setenga dr fk. setau saya. lewat jalur ujian saringan masuk fk 65. fkg 34.

      Hapus
    2. liat di web nya. kalau snmptn sekitar 20jutaan. kalau fkg 34jutaan,, fk 65 jutaan. jelas dua kalipat lebih mahal fk dari pada fkg.

      Hapus
  25. Gan, gw bingung nih. Menjurus ke putus asa malah. Gw ud niat masuk FK USU dr awal SMA, tp ortu gw selalu nyuruh gw masuk STAN karna gratis. Dan ortu gw lg kesandung utang yg ga dikit. Gw ga mau ngorbanin impian gw, tp gw jg kasian liat kondisi finansial ortu skrg. Sarannya dong, gan...

    BalasHapus
  26. ka bener ga yang di FK unpad itu bayarnya cua 2jt per smester(smnptn ataupun smup)?? terus untuk tahun 2014 nanti kan smnptn udah ga ada. nah itu jadi gimana ya? thanx. respons plis


    Follow me @giantyrhm

    BalasHapus
  27. Senasip juga nih sama Cerita di atas,
    Puji Tuhan Sudah Dapat gue,
    Semoga bisa ngjalaninya dengan baik hehehee
    @aditiaE

    Kaka kaka yang udah di kedokteran bagi bagi pengalamannya donk
    Invite ya kaka
    Pin:2A46F02C

    BalasHapus
  28. Saya anak SMA kelas 10 mau ke kelas 11 ,setelah saya mencari dan mencari saya menemukan apa yang benar2 saya inginkan yah masuk FK UNPAD ,saya ingin spesialis Anak .
    Saya adalah anak yang pernah trauma dimasa kecil oleh karena itu saya benci rumah sakit dan apapun yang berhubungan denganya #karena takut .
    Tapi mungkin Allah berkata lain saya di tetapkan keinginan menjadi dokter ,memang tidak masuk akal ,dan saya juga bingung sebenarnya .
    Jadi apa persyaratan masuk FK UNPAD ?
    TOEFLnya besar yah ?
    jalur undangan gimana biaya dan persyaratan nilai raportnya ?
    Kriteria yang di terima bagaimana ?
    Tips-tipsnya dong kak .
    Makasih :) .Maaf bawel .

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum maaf mas admin ato siapapun ada yang tau tentang FK UGM atau UNS ? Barangkali ada yg tau infonya ,,,, tentang biaya atau apa, semuanya,, saya kemarin ikut sbmptn milih fk ugm dan uns , saya pikir saya ambil di jogja dan sola karena biaya hidupnya relatif murah,, mohon dicomment ya admin dan kawan2 smua :)

    BalasHapus
  30. Klw aku,, aku pngn bnget kuliah di FK, tp ortu gak setuju, dgn alasan "msk nyaa susah",, apa yg musti aku lakuin miin ?

    BalasHapus
  31. permisi kaka2 ganteng dan cantik, serta admin disini :D
    mau tanya nih, kalo FK unsri yang ekstensi brapa ya uang pangkalnya?
    spp dan biaya praktek nya brapa per smester?
    makasih :)

    BalasHapus
  32. Min, kalo saya. Saya pengennya jalur bidik misi (Aamiin)
    Kira" nilai rapot anak FK yang masuk pake bidikmisi dan undangna berapa yaa??

    BalasHapus
  33. sangat inspiratif! izin reblog ya min :)

    BalasHapus
  34. Kaka admin ,aku mau tanya,kan aku pengin bgt dr dulu jd mahasiswa FKG UNPAD, tp blm rejeki,skrg aku Kuliah Hukum di slh satu PTN,pdhl aku lulusan IPA dr SMA .bisa nggak yaa kalau nungguin aku lulus kuliah Hukum terus baru kuliah FKG a ? Rejeki ortu sih mgkn blm bs ke FKG,jd aku ngikuti kemauan ortu di Hukum dulu .
    Satu lagi,Aku denger2 biaya FKG di UNPAD mahal bgt,bener ngga ?

    *please bales :|

    BalasHapus
  35. min min kalo di fk tuh ada prakteknya cara buat anak g? kalo ada pengen msk dah lumayan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun niatny gk tulus amat Dek..masuk FK cuma krna mau begituan.
      Saya ank FK, dan bukanny menggurui, tapi salah bgt klo kamu mau masuk FK dengan motivasi itu.
      Klo memang mau masuk FK, harus dengan niatan baik dan tulus, jgn karena sebatas mau lihat yang "begituan". Jgn punya pikiran cabul, Dek..

      Hapus
  36. Kalau misalnya mau masuk fk, tapi ak orgnya gak cerdas" amat kalau dibilng pintar masih ada yg lebih pintar dari aku. Tapi niat n usaha kuat kog, kira" bisa masuk fk gak org sprti ak ? :3

    BalasHapus
  37. Saya sekarang sdh kelas 3 SMA. Tahun 2016 saya mau masuk FK USU. Ada gak di sini yang kuliah di FK USU? Kalau ada bagi pin nya lah kak. Soalnya mau sharing banyak hal ni tentang kedokteran usu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat ya, maaf saya bukan anak USU
      di FK bakal bner2 mental kita dilatih, so be strong and be a nice doctor:) sukses

      Hapus
  38. Halo assalamualaikum, saya kelas 3 SMA pengen banget masuk fk tapi saya bukan orang pintar nilai saya juga standar semua ada niat juga mau nyoba sampe kejalut usm tapi kira2 biayanya mahal gk ya?

    BalasHapus
  39. Halo, saya kelas 3 SMA dari Kalteng, Saya pengen msk FK di USU tp ortu bilang biaya untuk FK mhl bngt dan ortu cmn PNS. Jadi gimana ya sarannya? Apakah saya hrs tetap bertahan memilih FK atau ganti ke yang lain? Padahal saya benar" niat pngen jdi dokter yg menyelamatkan nyawa org lain.

    BalasHapus
  40. Halo, saya kelas 3 SMA dari Kalteng, Saya pengen msk FK di USU tp ortu bilang biaya untuk FK mhl bngt dan ortu cmn PNS. Jadi gimana ya sarannya? Apakah saya hrs tetap bertahan memilih FK atau ganti ke yang lain? Padahal saya benar" niat pngen jdi dokter yg menyelamatkan nyawa org lain.

    BalasHapus
  41. Min,awalnya saya bener2 gk ada niat buat masuk fk,krn niat awal saya adalah untuk menjadi tenaga pendidik,untuk merubah Indonesia menjadi lbh baik,cita2 ini saya daptkan krn kedua ortu saya seorang guru
    Namun kedua org tua saya menginginkan saya menjadi seorang dokter,mereka bilang untuk ngerubah indonesia itu yang pertama kali harus diperbaiki adalah kesehatannya karna kalo gk sehat gk bakal bs belajr,karna perkataan ortu saya itulah saya mulai beralih pikiran untuk jd dokter,ya memang pelajaran favorit saya adalah biologi,namun smpe skrg saya blm bisa bayangi harus membedah2 mayat,apakah keinginan saya itu benar2 dr hati atau hanya pengaruh orang tua?
    Menurut admin gmn?

    BalasHapus
  42. Kemarin ada temen bilang katanya bisa masukin FK UGM jalur mandiri 95% diterima,byr belakangan
    Sms 085694333722 nanti saya tanya n infoin

    BalasHapus
  43. Min mau minta pendapat aku kelas 3 sma dan sepertinya aku salah milih jurusan buat sma ini dulu kelas 10 aku bingung milih jurusan ips apa ipa karena aku tidak menyukai pelajaran sejarah akhirnya mengambil jurusan ipa,tapi setelah 1 tahun aku jadinya keteteran dan stress menghadapi semua pelajaran ipa dan temen-temenku menjauhi aku karena aku tidak bisa karena memang aku dari smp males jadinya aku mulai belajar dari awal saat sma.dan kelas 3 aku mulai menginginkan jurusan hukum dan ingin membahagiakan orang tua sama pingin menunjukkan kalau aku ini bisa ke temen-temenku yang lain,tapi kedua orang tuaku menginginkan aku memilih kedokteran dan sbmptnnya pasti tes ipc sedangkan aku gak bisa mempelajari semua itu dengan beberapa bulan tersisa.menurut mimin aku harus gimana?bingung banget

    BalasHapus
  44. Saya sdh keterima di fk lewat jalur undangan dan jg sudah kuliah di stan. Awalnya emang cita-cita dari kecil ke fk, tapi pas udah akhir sma kayaknya buat jadi dokter itu lama dan berat. Akhirnya berlarut-larut milih antara fk dan stan, saya kuliah di stan. Tapi rasanya kuliah di stan itu terpaksa, soalnya saya ngerasa ini bukan bidang yg saya pengen selama ini. Selama ini, saya maunya cuma di kesehatan dan tiba-tiba pindah keuangan, rasanya beda, belom lagi perantauan yg benar-benar tidak saya inginkan. Jadi, sebaiknya saya kembali mengejar fk atau tetap menjalankan kuliah di stan? Tolong sarannya, terima kasih.

    BalasHapus